apa itu laundry

Apa itu Laundry atau Binatu?

Jasa laundry adalah jasa yang telah ada sejak lama. Pertama muncul pada zaman romawi kuno, laundry dahulu disebut dengan istilah Fullones

Apa itu laundry? Dalam bahasa Indonesia, istilah laundry memiliki makna yang sama dengan “binatu”, yaitu berhubungan dengan jasa pencucian baju. 

Sama halnya seperti di dalam dunia perhotelan, laundry adalah salah satu bagian departemen housekeeping yang bertugas melakukan jasa pencucian baju baik untuk tamu, karyawan, hingga seluruh linen hotel.

Menurut beberapa ahli, istilah laundry memiliki bermacam-macam arti seperti:

  • Rumekso (2001): Laundry adalah divisi yang bertanggung jawab atas cucian yang dikirim padanya (Rumekso:2001)
  • Agustinus Darsono (1995): Laundry adalah section di hotel yang bertanggung jawab atas pencucian baju baik itu milik tamu, seragam karyawan hingga seluruh linen hotel 
  • Bagyono (2006): Laundry adalah bagian divisi housekeeping yang bertugas dan bertanggung jawab atas pencucian pakaian tamu, seragam karyawan dan linen-linen dari dalam maupun luar hotel. 

Berbeda dengan proses laundry modern, di masa itu mereka harus menaruh baju kotor ke dalam tong kemudian menginjaknya dengan kaki untuk selanjutnya dijemur. 

Karena belum ada sabun, jadi mereka hanya menggunakan aliran air sungai untuk membersihkan cucian. 

Inilah kenapa pada saat itu laundry adalah pekerjaan pria karena tugasnya yang cukup berat. 

Laundry dalam bahasa Indonesia disebut binatu. Lalu apa sih laundry itu? Laundry atau binatu adalah proses membersihkan pakaian atau bahan tekstil dengan menggunakan media air. Terdapat pemahaman di masyarakat bahwa istilah laundry hanya dipakai pada layanan mencuci pakaian oleh jasa binatu, padahal aktifitas mencuci pakaian yang biasa dilakukan oleh rumah tangga pun adalah laundry.
Aktifitas laundry tidak terlepas dari penggunaan chemical-chemical laundry, diantaranya detergent, softener, bleach, oxy dan chemical lainnya. Chemical-chemical tersebut digunakan agar mendapatkan hasil pencucian yang lebih baik.
Saat inisudah banyak sekali penyedia jasa laundry/binatu disekitar kita. Para penyedia jasa laundry biasanya menggunakan mesin-mesin laundry untuk mempermudah dan mempercepat proses laundry mereka. Namun tidak semua pakaian dapat dicuci dengan menggunakan mesin, ada pula pakaian yang harus menggunakan metode pencucian dengan hand wash atau pencucian manual menggunakan tangan.

Komentar

Postingan Populer